Gadged Multi Fungsi

Formulir Kontak

KONTAK KAMI

Silahkan isi formulir di bawah ini untuk menghubungi kami

Name

Email

Message

CARA MENCEGAH FOULING PADA KAPAL

Cat Kapal Anti Fouling


Kind Seagard Anti Fouling (Cat Kapal) adalah cat kapal yang kita lapiskan pada lambung bawah air untuk kapal besi, kapal kayu (perahu). Seperti namanya, mencegah pengotoran dari lambung kapal. Kind Seagard Anti Fouling (Cat Kapal) datang dalam berbagai warna dan jenis. Sebelum kita membahas masuk lebih dalam ke dalam cat antifouling, mari kita membahas sedikit tentang ‘pengotoran’ dan mengapa sangat penting untuk menerapkan Kind Seagard Anti Fouling (Cat Kapal).

Mengapa terjadi Fouling ?


Fouling pada umumnya terjadi pada permukaan bawah air seperti kapal laut (kapal besi, kapal kayu atau perahu), pelampung, struktur lepas pantai / Jetty dan material lainnya yang terendam. Fouling dapat terjadi di air garam atau air tawar.

Apa itu fouling ? 


Fouling adalah penempelan organisme laut pada permukaan yang disebutkan di atas. Organisme laut berasal dari tumbuhan seperti ganggang dan gulma, atau dapat berasal dari hewan seperti tiram, kijing, remis, kerang atau bahasa biologisnya adalah tube worms. Namun, jenis pertama dalam proses fouling biasanya lendir. Lendir adalah lapisan kental bakteriologi terdiri dari miliaran organisme bersel tunggal. Setelah lapisan bakteri ini menempel dan berkembang biak, selanjutnya permukaan bakteri tersebut menjadi lebih kondusif bagi organisme yang lebih besar lagi untuk tempat bersarang / menempel.

Efek Fouling utama


Efek Fouling pada kapal besi maupun kapal kayu adalahmenyebabkan kerusakan pada struktur benda/ material itu sendiri. Untuk kapal besi, kapal kayu atau fiberglass, pengotoran yang tebal dapat menyebabkan kerusakan pada lambung bawah air dan akhirnya dapat menyebabkan kebocoran dan tergulingnya kapal tersebut.

Bahaya Fouling


Bahaya Fouling pada lambung bagian bawah sebuah kapal yaitu dapat mengurangi respon dari kapal itu sendiri. Hal ini mungkin dapat menyebabkan kapal dapat terbalik apabila badai keras dan atau kondisi dalam banting setir / mengubah haluan yang terlalu cepat atau kondisi dalam keadaan cuaca yang berbadai. Fouling juga dapat menyebabkan kapal menjadi berat, sehingga permukaan kapal akanlebih rendah dari biasanya. Drag Fouling itu sendiri menyebabkan tarikan beban sehingga mengurangi kecepatan kapal serta meningkatkan konsumsi bahan bakar. Dalam kondisi Kapal sedang berjalan maupun bersandar atau tambat Fouling juga merupakan momok bagi sebuah kapal, sehingga perlu adanya tindakan yang dapat menghindarkan lambung bawah kapal yang terendam air terus menerus fresh dari Fouling.    

Kapan fouling terjadi ?


Fouling terjadi saat struktur atau kapal yang terendam secara terus menerus dalam kurun waktu yang tidak terlalu lama. Fouling umumnya terjadi ketika kapal dalam kondisi stasioner (artinya tidak bergerak), sehingga untuk struktur atau bangunan yang terendam air secara terus menerus dengan tidak bergerak akan membuat tempat berkembang biak bagi organisme fouling dengan cepat, hal ini merupakan makanan dan tempat tinggal bagi organisme laut. Fouling tidak terjadi pada bawah lambung kapal saja tetapi dapat menyerang structure atau material lain yang terendam air secara terus menerus tanpa adanya pencegahan. Fouling dalam hal ini terjadi pada jetty, dermaga, struktur penopang bangunan dan lainnya.

Kondisi Kapal yang dalam keadaan parah karena ber tumbuhnya dan ber sarangnya binatang laut seta tumbuhan laut. Pembersihan dalam kondisi diatas  perlu penanganan yang serius, karena bisa jadi lambung kapal seudah dalam keadaan keropos atau berlubang.

Solusi pencegahan fouling.

Gunakan KIND Seagard Anti Fouling berguna untuk cat bawah air untuk perahu kayu dan besi dengan bahan anti-fouling bebas timbal (tin free) yang berfungsi mencegah tumbuhan seperti lumut, ganggang dan hewan seperti tiram, kerang.

Kelebihan menggunakan KIND Seagard Anti Fouling:

Menjaga kecepatan kapal tetap maksimal dan menghemat pemakaian bahan bakar karena berkurangnya gesekan lambung kapal.
Meningkatkan perlindungan terhadap lambung kapal dengan mencegah serangan lumut, kerang, dll.
Cepat kering sehingga perahu dapat segera melaut kembali setelah pengecatan. 


  

Back To Top